Cara memulai bisnis affiliasi untuk pemula

Cara memulai bisnis affiliasi untuk pemula. Salah satu jenis pilihan dalam dunia bisnis online adalah Bisnis Affiliasi. Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan istilah bisnis affiliasi ini. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang bisnis affiliasi dan bagaimana cara memulai bisnis affiliasi ini bagi pemula.

Apa Itu Bisnis Affiliasi

Bisnis Affiliasi atau sering disebut juga Affiliate Marketing adalah kegiatan menjual atau mempromosikan produk dari sebuah perusahaan, dan kemudian bila produk tersebut terjual maka orang yang menawarkan akan mendapatkan komisi. Produk yang dijual bisa berupa barang maupun jasa.

Salah satu pilihan dalam bisnis online adalah bisnis affiliasi

Salah satu pilihan dalam bisnis online adalah bisnis affiliasi

Bisnis Affiliasi ini sangat cocok bagi Anda yang tidak punya modal, karena Anda tidak perlu membeli barang terlebih dahulu. Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar ke dalam program Affiliasi yang di adakan oleh sebuah perusahaan. Kemudian setelah mendaftar, Anda akan diberikan website penjualan yang telah disisipkan kode tertentu. Tugas Anda adalah menawarkan produk perusahaan tersebut melalui website yang sudah disiapkan. Bila nanti terjadi penjualan, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Bisa juga dikatakan bahwa, bisnis affiliasi ini adalah bisnis yang berbasis komisi. Tentu saja besar komisi tidak akan sama, tergantung dari produk barang atau jasa apa yang Anda promosikan. Ada program affiliasi dengan komisi mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan jutaan.

Dalam bahasa awamnya, bisnis affiliasi ini disebut juga sebagai makelar. Bedanya, kalau makelar itu harus bertemu langsung dengan calon pembeli, sedangkan affiliasi tidak perlu bertemu langsung, cukup menggunakan website. Hal ini terjadi karena adanya teknologi internet. Website yang Anda gunakan telah disisipkan dengan kode tertentu (kode affiliasi), sehingga bila ada konsumen yang membeli, perusahaan akan mengetahui konsumen ini berbelanja dari webiste affiliasi rekomendasi siapa. Sehingga pemberian bonus tidak akan salah sasaran.

Seperti halnya semua bisnis, bisnis affiliasi juga memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan bisnis affiliasi

Baca juga : Butuh bimbingan bisnis online, Yuk gabung di Akademi Bisnis Digital (ABDi)

Kelebihan bisnis affiliasi :

Cukup dengan Modal yang Kecil

Anda tidak harus membeli produk, namun biasanya Anda perlu mendaftarkan diri sebagai anggota affiliasi pada sebuah perusahaan penyedia affiliasi. Ada beberapa perusahaan yang mengharuskan adanya biaya pendaftaran dan juga ada perusahaan yang tidak memungut biaya pendaftaran.

Meskipun ada biayanya tetapi nominalnya tidaklah terlalu besar, masih sangat terjangkau bagi Anda seorang pemula.

Variasi produk yang dijual sangat beragam

Anda bisa menjual berbagai macam produk affiliasi, tidak terfokus kepada produk tertentu saja. Anda bisa menjual produk fashion misalnya dengan mengikuti program affiliasi di Tokopedia, Lazada, Dewaweb dan lainnya. Namun, tetap kami sarankan agar Anda mengikuti program affiliasi yang sesuai dengan passion dan target pasar Anda ya.

Bisa memberikan Keuntungan dalam jangka panjang

Banyak orang yang mengatakan bahwa bisnis affiliasi ini adalah bisnis yang sekali kerja namun dapat hasil terus menerus. Menurut kami, ini ada benarnya. Misalnya Anda membuat sebuah website, lalu website tersebut banyak pengunjungnya, maka Anda bisa meletakkan banner produk affiliasi Anda ke dalam website tersebut.

Artinya selama website Anda tersebut masih Online (hidup), banner produk affiliasi Anda juga akan terus tampil. Bila Anda pengunjung yang mengklik, lalu terjadi transaksi, maka Anda akan mendapatkan komisi. Begitu seterusnya..

Tanpa harus punya karyawan

Bisnis affiliasi ini bisa Anda jalankan seorang diri, tanpa bantuan orang lain atau karyawan. Karena menjalankan bisnis affiliasi ini relatif lebih mudah dan tidak perlu waktu khusus. Anda cukup memanfaatkan waktu luang Anda untuk mengerjakan bisnis affiliasi ini. Bagaimana caranya ? akan dibahas di bagian bawah ya.

Kekurangan bisnis affiliasi :

Anda tidak membangun Aset Digital

Bila menjalankan bisnis affiliasi maka Anda tidak menyimpan database pembeli Anda. Karena pembeli Anda akan berhubungan langsung kepada penyedia produk, bukan kepada Anda. Tapi ini tidak berlaku di semua bisnis affiliasi ya, karena ada beberapa bisnis affiliasi yang juga mengharuskan Anda membangun aset digital. Bisnis affiliasi seperti apa itu ? akan kami berikan rekomendasinya di bagian bawah artikel ini.

Anda sangat tergantung dengan pihak penyedia affiliasi

Sudah pasti Anda sangat bergantung kepada pihak penyedia affiliasi, karena mereka yang punya produk, dan mereka juga yang memberikan Anda komisi. Apabila perusahaan tersebut menutup program affiliasinya, maka otomatis bisnis affiliasi Anda untuk produk tersebut juga OFF.

Anda harus siap-siap dengan persaingan

Bisnis affiliasi ini memiliki tingkat persaingan yang besar, mungkin karena mudah dilakukan. Akan banyak sekali orang-orang yang bermain di bisnis affiliasi. Ada 1 syarat bila Anda ingin berhasil dalam persaingan yaitu Konsisten.

Langkah pertama memulai Bisnis Affiliasi Untuk Pemula

Berminat menjadi seorang affiliater ? kalau berminat berikut adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan :

  • Anda harus mencari perusahaan atau penyedia layanan affliate, search saja di Google akan ada banyak sekali.
    Lalu ANda harus mendaftar program affiliasinya.
  • Setelah Anda berhasil mendaftar dan disetujui untuk menjadi affiliasi nya, maka Anda akan diberikan sebuah website khusus atau link yang berisi kode unik (kode affiliasi). Kode ini lah yang berikutnya harus Anda gunakan.
  • Setelah itu, tugas Anda sekarang adalah mendatangkan sebanyak mungkin calon pembeli ke link affiliate tersebut. Anda bisa mempromosikan link affiliate itu melalui semua channel sosial media yang Anda miliki, seperti Facebook, IG, Youtube, Twitter, WA Status, Blog, atau mungkin Website Anda sendiri. Semakin banyak orang yang meng-klik link affiliate Anda, maka akan semakin besar terjadi penjualan.

Intinya adalah :
Daftar -> Dapat Link Affiliate -> Promosikan -> Terjadi Penjualan -> Dapat Komisi. Begitu seterusnya selama link afffiliate Anda masih aktif.

Diluaran sana banyak sekali yang menawarkan program affiliate, oleh karena itu Anda harus selektif. Kami menyarankan ikutilah program affiliate yang memiliki komisi besar, artinya setiap kali ada penjualan, Anda akan mendapatkan komisi yang lumayan besar, minimal 50 ribu rupiah. Ada beberapa program affiliate yang kami rekomendasikan untuk Anda, yaitu sebagai berikut :

  • Dewaweb : Program affiliasi untuk penjualan hosting dan domain. Target pasarnya adalah orang-orang yang ingin membuat website yang membutuhkan layanan hosting yang cepat dan harga terjangkau.
  • SB1M : Sekolah Bisnis 1 Milyar, ini adalah program affiliasi yang menawarkan komunitas bisnis online. Target pasar adalah orang-orang yang ingin belajar bisnis online.
  • Akademi Bisnis Digital (ABDi) : Merupakan sebuah bisnis affiliasi untuk pemula yang menawarkan komunitas bisnis online yang berbasis produk kesehatan. Target marketnya adalah orang-orang yang ingin memulai bisnis online, namun tidak tahu caranya dan tidak punya produk yang akan dijual.

Akademi Bisnis Digital sebagai Bisnis Affiliasi

Salah satu program affiliasi yang kami rekomendasikan adalah Akademi Bisnis Digital (ABDi), yang merupakan sebuah komunitas bisnis online yang saat ini memiliki lebih dari 50 ribu member premium. ABDi sangat fokus membantu para membernya untuk bisa mendapatkan income dari bisnis online, salah satunya dengan mengikuti program affiliasi dengan menawarkan Lisensi program ABDi.

ABDi sebagai sebuah platform pembelajaran bisnis online merupakan sebuah lisensi, yang bisa ditawarkan kepada orang-orang yang ingin belajar bisnis online dari awal. Affiliater yang berhasil menawarkan program lisensi ABDi ini, dan berhasil mendapatkan member baru, maka dia akan mendapatkan komisi dari ABDi.

Komisi untuk 1 penjualan lisensi ABDi ini diberikan komisi 100 – 150 ribu rupiah. Bisa dibayangkan bila dalam 1 bulan Anda berhasil menjual 100 program Lisensi ABDI, maka potensi income Anda mencapai 15 Juta rupiah.

Cara Daftar Member Akademi Bisnis Digital (ABDi)

Berikut kami jelaskan cara pendaftaran menjadi member program affiliasi ABDi, dalam 2 langkah berikut ini :

Langkah 1 :

Silahkan tonton penjelasan lengkap tentang Platform ABDi dalam video berdurasi 45 menit dibawah ini. Tonton dari awal hingga akhir ya, dan jangan di Skip karena ini penting untuk Anda ketahui :

Langkah 2 :

Setelah selesai menonton video di atas, dan Anda berminta bergabung menjadi Member Premium ABDi, silahkan lengkapi data dibawah ini :

  1. Nama Lengkap :
  2. Email :
  3. Alamat  :
  4. Lalu kirimkan ke Whatsapp (WA) : 0821-2212-9143
  5. Kami akan meregistrasikan data Anda ke dalam System Support ABDi.

Semoga pembahasan tentang cara memulai bisnis affiliasi untuk pemula, defisini bisnis affiliasi, kelebihan dan kekurang bisnis affiliasi dan salah satu bisnis affiliasi yang kami rekomendasikan untuk Anda ini bisa memberikan inspirasi ya.

Baca juga : Potensi income bisnis produk kesehatan di masa Pandemi sangat menggiurkan, Mau ?

Kirim Pesan
Mohon Info Cara Daftar dan Biaya Pendaftaran ABDi ?